Sunday 22 March 2015

Jenis-jenis Artikel

Untuk mempermudah dalam membuat artikel disini saya akan menjelaskan jenis-jenis artikel berdasarkan tingkat kesulitan dan cara penyampaiannya. Jenis artikel dibagi menjadi 4, yaitu :
  1. Artikel Praktis
  2. Artikel Ringan
  3. Artikel Halaman Opini
  4. Artikel Analisis Ahli
Dari ke-empat jenis tersebut cara menyampaikan dan membuatnya membutuhkan cara yang berbeda pula. untuk lebih jelasnya akan saya bahas satu-persatu.


Artikel Praktis

Jika anda perhatikan dan mengunjugi situs wikihow penulisan yang digunakan adalah penulisan artikel praktis, yaitu artikel yang berupa petunjuk, langkah-langkah, tutorial yang lebih menitikberatkan pada keterampilan dalam mengerjakan sesuatu hal daripada pengembangan pengetahuan atau analisis masalah.


Artikel Ringan

Jenis artikel ini ditulis dengan mengangkat masalah-masalah yang tidak memerlukan pemahaman yang mendalam ( Disajikan secara ringan ). Contohnya dapat ditemukan pada rubrik remaja, majalah dan surat kabar.


Artikel Halaman Opini

Berbicara mengenai opini, pada dasarnya artikel adalah opini, yang membedakan hanyalah artikel halaman opini ini memang sengaja ditulis dan ditempatkan pada bagian khusus yang terdapat dalam surat kabar, majalah.


Artikel Analisis Ahli

Jika dibandingkan dengan artikel halaman opini, analisis ahli lebih berat lagi.

No comments:

Post a Comment