Sunday 8 February 2015

Kalimat Baku dalam Bahasa Indonesia

Kalimat baku adalah kalimat yang mengandung unsur-unsur standar kebahasaan, baik pilihan kata-katanya, struktur morfologisnya, ejaannya, dan sturuktur kalimatnya seperti yang diisyaratkan dalam bahasa standar bahasa indonesia. Untuk ketiga aspek pertama pedoman yang digunakan dalam menentukan kalimat baku adalah kamus standar ( Kamus Umum Bahasa Indonesia dan Kamus Besar Bahasa Indonesia).

Perhatikan kalimat-kalimat berikut yang dikutip dari pelbagai sumber pemakaian! mana yang standar dan mana yang tidak standar? Jika terdapat kesalahan, perbaikilah kalimat tersebut!
  1. Manfaat pertama sebagai imbasan ilmu pengetahuan ialah bahwa kita akan lebih wajar dan lebih tepat memandang dan mendekati setiap masalah yang kita hadapi.
  2. Lewat penelitian ini, penulis berusaha mengupas kesemua persoalan dalam berbagai variasi.
  3. Adalah suatu tindakan yang kurang moral, jika perbankan tetap bertahan pada suku bunga kredit yang sangat tinggi, sedangkan wajib membayar bunga deposito yang rendah.
  4. Sebelumnya orang menanyakan : apa yang bisa dilakukan Gerakan Nonblok bila tak ada lagi pertarungan dua gajah adikuasa didunia.
  5. Apabila ada dua gajah bertarung, rumput-rumput pun ikut menderita.
  6. Pihak perbankan hendaknya lebih memberi perhatian daripada golongan ekonomi lemah yang tersebar dipedesaan.
  7. Perumka harus mampu meningkatkan kecepatan kereta api di masa mendatang, kalau ingin meningkatkan pelayanannya.
Nah, silahkah pelajari dengan seksama mana yang kalimat baku dan yang bukan dari 7 point tersebut.

No comments:

Post a Comment