Wednesday 11 February 2015

Macam-macam Jenis Karangan

Karangan adalah sebuah wacana yang mandiri dan bulat, tidak mempersoalkan panjak dan pendeknya. jadi, karangan berbentuk buku terdiri dari bab-bab, ada karangan yang tidak dipilah-pilah atas bab-bab tetap atas judul-judul yang lebih kecil, dan ada karangan yang hanya terdiri dari beberapa halaman. 

Berdasarkan tujuan umum, wacana yang lengkap (karangan) dapat dibedakan atas argumentasi, eksposisi, persuasi, deskripsi, dan narasi. Berikut ini macam-macam karangan yang digolongkan berdasarkan jenis, sifat dan isi.

Argumentasi
Karangan argumentasi bersifat ilmiah/nonofikis yang bertujuan untuk membuktikan suatu kebenaran sehingga pembaca diyakinkan mengenai kebenaran itu.

Eksposisi
Merupakan jenis karangan ilmiah/nonfiksi yang bertujuan untuk memperluas pengetahuan pembaca.

Persuasi
Jenis karangan ilmiah yang menggunakan pendekatan psikologis yang merupakan penyimpangan dari argumentasi karena mengadakan pendekatan logis. Fakta dipakai secukupnya.

Deskripsi
Karangan ini bersifat fikis (nonilmiah) isinya menggambarkan sebuah objek sedemikian rupa sehingga pembaca merasa seolah-olah melihat objek itu.

Narasi
Nonilihan/fiksi yang menceritakan suatu peristiwa atau kejadian sedemikian rupa sehingga pembaca merasa seolah-olah melihat sendiri peristiwa atau kejadian itu. 

No comments:

Post a Comment